KLIK - INOVASI DISPUSTARSIP TAPIN UNTUK PEMERATAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN

25 Juli 2024 03:27:53 Admin : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Editor : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Pada era abad ini, ledakan informasi tidak dapat dihindari. Perpustakaan harus mempersiapkan diri dengan melakukan kesiapan dari segi sumber daya manusia, program yang tepat dan kesiapan infrastruktur yang baik untuk dapat melayani kebutuhan informasi pemustaka yang semakin beragam dan kompleks. Oleh karena itu, Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tapin berinovasi  menghadirkan KLIK (Perpustakaan Digital Kabupaten Tapin-Tapin Cerdas) untuk memudahkan dalam penyebarluasan informasi .

Perpustakaan digital secara ekonomis lebih menguntungkan dibandingkan dengan perpustakaan tradisional. Chapman dan Kenney (Dalam sismanto 2008), mengemukakan empat alasan yaitu: institusi dapat berbagi koleksi digital, koleksi digital dapat mengurangi kebutuhan terhadap bahan cetak pada tingkat lokal, penggunaannya akan meningkatkan akses elektronik, dan nilai jangka panjang koleksi digital akan mengurangi biaya berkaitan dengan pemeliharaan dan penyampaiannya.

 Dengan demikian, adanya perpustakaan digital diharapkan dapat mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi obyek informasi seperti dokumen, gambar dan database dalam format digital dengan cepat, tepat, dan akurat.