Pelatihan pembuatan sambal pakasam di Desa Ketapang, Kecamatan Bakarangan

25 Juli 2022 11:36:23 Admin : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Editor : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Jum'at 22 Juli 2022. Desa Ketapang merupakan salah satu desa produsen 'iwak pakasam'. Iwak pakasam adalah panganan khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari ikan, umumnya ikan air tawar yang difermentasi dengan beras dan garam. Saat ini kreasi olahan iwak pakasam masih sedikit. Pakasam sebagian besar hanya diolah dengan cara digoreng yang dibumbui bawang dan cabai. Sehingga penikmat pakasam juga monoton.


Pada saat pembinaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin dalam rangka mendukung Program Peningkatan Kualitas Keluarga dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin, Aparat Desa Ketapang menuturkan bahwa ingin meningkatkan nilai jual pekasam untuk membantu para produsen pekasam agar bisa mendapat untung lebih banyak.


Atas dasar keinginan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kemudian mengadakan pelatihan pembuatan kreasi pekasam menjadi sambal. Produk sambal yang dikemas dalam botol kecil kini cukup digemari dan ramai diperdagangkan. Rasa sambalpun sudah bervariasi. Mengolah pekasam menjadi variasi sambal merupakan inovasi yang cukup menjanjikan untuk dijual. Rasa gurih dari ikan dan sedikit rasa asam sangat nikmat dipadukan dengan pedasnya sambal sehingga pekasam menjadi sangat cocok untuk olahan tersebut. 


Pelatihan dilaksanakan di Kantor Desa Ketapang dan diikuti oleh 13 orang peserta yang terdiri dari ibu rumah tangga, remaja putri dan remaja putra. Dari pelatihan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berharap dapat memberikan informasi dan ide kepada masyarakat Desa Ketapang untuk mengkreasikan produk mereka sendiri yang nantinya dapat meningkatkan daya jual pekasam dan tentunya berujung pada peningkatan kesejahteraan.


Sumber foto : dispustarsip-tapin

Ditulis oleh : Mahrida Riani, S.I.Pust.