Go Cerdas, inovasi Dispustarsip Tapin dalam Pelayanan Perpustakaan yang Terotomasi

13 Juni 2023 10:35:35 Admin : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Editor : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan




Rantau, 10 Mei 2023. Pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat saat ini, pemanfaatan teknologi pada perpustakaan juga harus dikembangkan untuk menunjang lebih banyak kebutuhan pemustakanya. Oleh karena itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin mengubah sistem layanannya yang tadinya secara tradisional menggunakan kartu buku, kini berinovasi dengan memanfaatkan teknologi yang terotomasi menggunakan aplikasi Inlistlite.


INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011INLISLite versi 3 memiliki banyak fitur untuk lebih memudahkan pengolahan data perpustakaan seperti membuat katalog online (OPAC) untuk kemudahan pengunjung dalam penelusuran informasi. Selain itu,  sistem yang terotomasi membuat layanan pendaftaran anggota dan sirkulasi menjadi jauh lebih cepat.

Layanan yang lebih mudah dan cepat yang didapatkan pengunjung perpustakaan dari sistem otomasi perpustakaan ini diharapkan dapat memberi wajah baru dari citra perpustakaan yang menarik masyarakat untuk datang berkunjung sehingga kebermanfaatan perpustakaan di masyarakat dapat meningkat dan berujung pada meningkatnya minat baca dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapin.



Foto @dispustarsip_tapini

Ditulis oleh Mahrida Riani, S.I.Pust.