Kelompok Pramuka dalam Raimuna Tapin Melaksanakan Kunjungan ke Perpustakaan untuk Wisata Literasi

29 April 2023 11:14:31 Admin : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Editor : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Dibukanya layanan perpustakaan pada akhir pekan memberikan waktu lebih banyak kepada masyarakat untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Tapin dan memanfaatkan fasilitasnya. Tingkat kunjungan bahkan meningkat di akhir pekan terutama pengunjung anak-anak. Salah satu kunjungan yakni pada hari Sabtu, 29 April 2023 dari Kelompok Pramuka dari berbagai sekolah tingkat SMA di Kabupaten Tapin dalam rangka Raimuna Sekabupaten Tapin. Pertemuan Pramuka ini terdiri dari beberapa kelompok yang diisi dengan kegiatan yang bermaanfaat. Salah satu kelompok mengadakan kunjungan ke perpustakaan untuk mengenal lebih dalam tentang perpustakaan dan bagaimana memanfaatkan layanan dan segala fasilitasnya dalam rangka meningkatkan minat baca dan menambah pengetahuan anggotanya.

Kegiatan Kunjungan dimulai dengan mengenal lingkungan perpustakaan dan diajak untuk berkeliling area perpustakaan dari taman baca, area koleksi hingga balkon. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi minat baca dan pendidikan pemustaka untuk mengajarkan anak-anak tersebut cara mencari informasi secara cepat melalui katalog online untuk kemudian dijelaskan cara menjadi anggota, peminjaman dan pengembalian buku hingga akhirnya anak-anak tersebut dapat memanfaatkan perpustakaan secara mandiri nantinya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif dan menumbuhkan minat mereka terhadap bahan bacaan sehingga perpustakaan sebagai bagian dari pusat belajar dapat dimanfaatkan secara maksimal dan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat.

Layanan perpustakaan sendiri dibuka setiap hari, yakni dari pukul 08.00 WIB hingga 16.30 WIB pada hari Senin-Kamis. Pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB pada hari Jum'at, dan pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

#perpustakaan #perpustakaanuntukkesejahteraan #tamanbaca #tamanperpustakaan #tamanperpustakaantapin #perpustakaantapin


Ditulis oleh : Mahrida Riani, S.I.Pust.