Dispustarsip Siapkan Perpustakaan untuk Penyandang Disabilitas

28 September 2022 09:39:07 Admin : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Editor : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Rantau, Tingkatkan mutu dan kualitas pelayanan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustarsip) Kabupaten Tapin siapkan ruang perpustakaan untuk penyandang disabilitas (Tuna Netra). Hal itu diungkaplan H. Zainal Abidin, S.Sos Kepala Dipustarsip Tapin ditempat kerjanya, Rabu(14/09).

Seperti yang diutarakan H. Zainal Abidin, dalam rangka memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat, Perpustakaan Umum Hara[an Cerdas sedang mempersiapkan layanan untuk penyandang disabilitas, dengan mempersiapkan buku-buku bacaan huruf braille untuk penyandang tuna netra atau bagi mereka yang tidak dapat melihat.

“Buku-buku yang akan disediakan juga bermacam-macam,” ujarnya kepada awak media.

Dikatakan H. Zainal Abidin, untuk rencana itu Dispustarsip sudah mempersiapkan ruangan yang dilengkapi dengan sofa dan full AC, untuk kenyamanan para pengunjung. Nantinya pelajar tuna netra, bisa datang ke Perpustakaan didampingi guru atau orang tua untuk membaca buku-buku di sini.

“Untuk kenyamanan pengunjung nantinya kita juga akan memiliki taman bacaan yang ada di belakang gedung yang dapat digunakan untuk belajar di luar ruangan’” ujarnya.

Lebih jauh H. Zainal Abidin mengatakan, untuk penyandang tuna netra, tak Cuma akses menuju perpustakaan yang akan kita siapkan, rak buku juga akan kita buat ramah difabel.

Ke depan juga akan kita sediakan fasilitas lain untuk tuna netra termasuk katalog digital, dan pembaca layar yang tujuannya agar pelajar atau penyandang tuna netra lainnya dapat mengakses sendiri buku-buku yang diperlukan. her/mb03


Sumber : Mata Banua