DISPUSTARSIP TAPIN SELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS BERCERITA KEPADA GURU TK DAN KB DI KABUPATEN TAPIN

06 Agustus 2022 01:18:31 Admin : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Editor : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Rantau, Mengenalkan bahan bacaan dan menumbuhkan minat baca kepada anak usia dini adalah salah satu tujuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin. Dalam rangka memenuhi tujuan itu 

Pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin menyelenggarakan Bimbingan Teknis Bercerita (Story Telling) kepada 60 guru TK dan KB di Kabupaten Tapin. Guru-guru TK dan KB sebagai tenaga pendidik pertama bagi anak-anak menjadi sasaran bimbingan teknik agar dapat mengenalkan sedini mungkin bahan bacaan peserta didiknya dengan cara yang menarik seperti bercerita. 


Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Perpustakaan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan dan

Pembinaan Perpustakaan sebagai perwakilan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin. Dengan mendatangkan Bapak Wildan Akhyar, SE. M.Si, Kepala Bidang Layanan dan Pembinaan Perpustakaan 

Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai narasumber, kegiatan berlangsung selama dua hari dengan peserta yang dibagi menjadi dua angkatan dengan jumlah peserta 30 orang per angkatan.


Dalam materinya Bapak Wildan Akhyar, SE. M.Si, menyampaikan tentang manfaat dan teknik bercerita yang bisa dipraktekan peserta saat mengajar. Salah satu teknik bercerita yang dijelaskan adalah dengan media bahan bacaan.

Melalui kegiatan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin berharap dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat mendorong terjadinya peran tenaga pendidik untuk mengenalkan bahan bacaan pada anak sehingga terbentuk minat dan budaya baca mereka. Kegiatan Bimbingan Teknis Bercerita (Story Telling) ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan lainnya seperti Sosialisasi Perpustakaan Sekolah, Sosialisasi Perpustakaan Desa dan Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan serta Bimbingan Teknis Bercerita yang di selenggarakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin.


Sumber Foto : @Dispustarsip_tapin

Ditulis oleh : Mahrida Riani, S.I.Pust.